Tuesday 23 October 2012

Pesantren Kilat 2012 Di Sekolah Indonesia Singapura


Pesantren kilat merupakan kegiatan yang tepat untuk menyambut dan mengisi kegiatan di bulan Ramadhan. Ini adalah yang pertama kali dilaksanakannya pesantren kilat di SIS dibawa bimbing Pak Yaya selaku Kepala Sekolah Indonesia Singapura ( SIS ) yang dilaksanakan pada tanggal 12 agustus 2012 bulan lalu. Kegiatan ini merupakan moment yang sangat berharga bagi para domestic worker atau PLRT karena Banyak hikmah yang bisa diambil dengan adanya pesantren kilat tersebut seperti menambah aqidah ataupun pengetahuan dibidang agama.

Dengan adanya Aspek-aspek kebersamaan, kepemimpinan, dan kemasyarakatan, baik secara langsung maupun tidak langsung terbentuklah rasa kekeluargaan yang sangat bermanfaat bagi kita semua terutama para Domestic worker. Dengan Hadirnya pak Dubes yang didampingi Ibu serta beberapa staff KBRI  lainnya,acara ini berjalan dengan lancar bahkan dengan adanya hiburan dan perlombaan-perlombaan keagamaan membuat para peserta bertambah meriah dan mengikuti pesantren kilat tersebut sampai selesai dan berbuka puasa bersama. Dengan adanya lomba-lomba tersebut,terlihat jelas kemampuan dan semangat mereka. Ternyata disela-sela kesibukan mereka bekerja disini,mereka masih menyisihkan dan meluangkan waktu mereka untuk hadir mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada di SIS terutama pada hari pesantren kilat.Ini merupakan sesuatu yang patut di acungi jempol.

Ditambah lagi dengan siraman-siraman rohani yang  dibawakan oleh bapak ustadz Sudi Priambodo dari Batam,  membuat  para perserta benar-benar mengambil hikmah atau manfaat pesantren kilat tersebut. Kegiatan ini bukan saja dalam rangka mengisi kegiatan Ramadhan tapi ini semua merupakan ajang silahturahmi bagi para TKW karena mereka merasa senasib,saling mengenal sehingga timbul rasa kekeluargaan. Salah satu TKW mengatakan “ Disini keluarga kami adalah sesama TKW ,karena ketika kami sudah pulang kedaerah masing-masing,sudah banyak penghalang untuk saling berkomunikasi dan kami semua sibuk dengan kesibukan masing-masing “.

Bank BNI juga sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang ada di Sekolah Indonesia Singapura ( SIS ) salah satunya yaitu dengan ikut andilnya pihak Bank dalam kegiatan pesantren kilat itu, diadakannya Launching CSR BNI peresmian school mini bank,BNI room dan salon mutiara bangsa merupakan bentuk kepedulian mereka. Dimana pihak bank memberikan bantuan beberapa alat-alat mesin jahit dan juga hadiah-hadiah bagi para pemenang perlombaan. Program bank BNI itu langsung diresmikan oleh Bapak Dubes sendiri juga bantuannya diterima langsung oleh beliau beserta pak Yaya.


Setelah seharian penuh mereka mengikuti semua kegiatan, puncak acaranya adalah Berbuka bersama, saat-saat  ketika mereka merasakan  kemenangan setelah menahan dahaga dan lapar. Saat- saat ketika mereka merasakan dan memuji kehebatan teman – teman yang memasak karena mereka telah menunjukkan keahliannya dibidang itu. Satu pepatah mengatakan “ Galilah Ilmu sedalam Lautan “. Ilmu tidak saja harus belajar di sekolah tapi kita bisa dapatkan dari lingkungan kita seperti memasak ini merupakan ilmu dan keahlian yang sangat bermanfaat.



Sumber : HPLRTIS Newsletter
Edisi 11  /  September 2012


No comments:

Post a Comment